Indonesia Data Centre (IDC) atau Pusat Data Indonesia Terbakar !


Indonesia Data Centre (IDC) atau Pusat Data Indonesia Terbakar ! - Sejumlah situs berita mengalami kelumpuhan mulai pukul 23.00 WIB, Minggu (12/8), setelah kebakaran melanda Indonesia Data Centre (IDC) Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Dari hasil laporan, beberapa situs berita online, seperti detik.com, okezone.com, sindonews.com, kapanlagi.com, vemale.com, blogdetik.com, idblognetwork.com, dan mytrans.com, tidak dapat diakses hingga pukul 24.00 WIB akibat terbakarnya perangkat Uninterruptible Power Supply (UPS).

Menurut informasi, kebakaran di IDC Duren Tiga terjadi akibat ledakan UPS di lantai 2 yang membuat jaringan IIX lewat OPENIXP, server dan hosting serta ISP yang berlokasi di tempat tersebut menjadi "offline" dan tidak bisa diakses di seluruh Indonesia.

Atas pertimbangan keamanan, beberapa server yang berada di pusat data tersebut dimatikan untuk sementara waktu.

Namun demikian, beberapa laman berita tidak terkena imbas kebakaran dan masih bisa diakses, antara lain antaranews.com, kompas.com, viva.co.id, dan metrotvnews.com, karena memang tidak memiliki hosting di IDC Duren Tiga.

Sementara itu, Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengumumkan bahwa laman kemdikbud.go.id juga terkena imbas kebakaran tersebut.

Pustekkom Kemdikbud dalam akun twitter-nya menjelaskan bahwa pada pukul 10.30 WIB, kebakaran di IDC sudah padam, sementara perkabelan dan ruang data center Kemdikbud dalam kondisi aman.

"Listrik belum dapat dinyalakan karena masih dicek kondisi perkabelannya di ruang listrik (lantai 1) yang terdampak kebakaran oleh tim IDC. Namun, diperkirakan pukul 24.00 WIB akan normal," sebut Pustekkom Kemdikbud dalam akun twitter-nya.

Namun, hingga berita ini diturunkan beberapa laman yang dilaporkan down tersebut masih belum bisa diakses.
Share this article :

0 komentar:

Terima Kasih telah mengunjungi Detik Update News. Silahkan meninggalkan komentar dibawah ini.

(Mohon gunakan kata-kata yang sopan)

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Detik Update - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger